Penting Nih Bun, Agar Mudik Via Perjalanan Darat Nyaman Buat Bayi

Penting Nih Bun, Agar Mudik Via Perjalanan Darat Nyaman Buat Bayi

Mudik sanggup jadi selagi yang dinanti-nanti orang-orang karena selagi itulah perjalanan untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman dimulai.

Setidaknya, itulah Bun yang ada di benak sepupu aku yang kurang lebih 5 bulan lalu baru aja melahirkan anak pertamanya. Tapi, ada ganjalan buat dia mengingat umur si bayi yang tetap 5 bulan, berseliweranlah pertanyaan di benak dia. ‘Aman nggak ya ngajak anak bayi mudik naik mobil? Ke tempat Jawa Timur kembali yang notabene perlu selagi 10 jam lebih perjalanan, itu pun jikalau nggak macet parah.

Untuk menjawab kegundahan sepupu saya, aku pun menanyakan perihal ini ke dr Marlyn Cecilia Malonda SpA yang sehari-harinya praktek di RS Mayapada Tangerang. Ngomong-ngomong soal ngajak anak mudik naik mobil nih Bun, jikalau kata dr Marlyn untuk menempuh perjalanan darat dengan selagi tempuh yang memadai lama, anak umur lebih berasal dari 40 hari telah sanggup diajak Bun. Kenapa sih mesti nunggu sampai umurnya sedikitnya 40 hari? Diharapkan, di atas umur 1 bulan ketahanan tubuh bayi telah lebih bagus dibanding bayi yang baru lahir harga.tiketbus.org .

 

“Kalau naik mobil pribadi, baiknya pakai car seat. Jadinya anak kan lebih nyaman. Pakai car seat terhitung sanggup bantu ngurangi goncangan didalam perjalanan. Jadi bayi lebih save di car seat-nya,” kata dr Marlyn selagi berbincang dengan Hai Bunda.

Jangan lupa, jikalau naik mobil pribadi, tiap dua sampai empat jam sekali pastikan ada jeda selagi istirahat untuk bayi ya Bun. Di selagi jeda, seenggaknya Bunda kan sanggup ngasih peluang ke si kecil untuk tidur dengan situasi di sekelilingnya yang lebih tenang. Bunda mesti tahu, kadang di perjalanan beberapa bayi sanggup nggak tenang lho tidurnya karena suara mesin mobil yang memadai mengganggu buat dia. Atau, dengar klakson sahut-sahutan aja terhitung sanggup buat bayi yang nggak puas dengan keributan, stres dan kelanjutannya dia rewel deh.

Walaupun ada terhitung sih ya Bun bayi pulas banget tidurnya meski di sekelilingnya ada suara mesin yang berisiknya minta ampun, he he he. Ngomong soal mudik, beberapa Ayah dan Bunda terhitung ada kan yang memutuskan naik bus aja deh untuk mudik. Kalau si kecil umurnya tetap di bawah 1 tahun, nggak masalah kok Bun. Tapi, ada beberapa perihal yang perlu diperhatiin mirip Bunda seperti disampaikan dr Marlyn.

dr Marlyn mengingatkan nggak seluruh bayi nyaman diajak naik kendaraan umum. Makanya, dr Marlyn ngasih tips untuk para Bunda sebelum akan mudik cobalah deh amati dulu rutinitas si kecil. Mulai berasal dari jadwal tidur dan selagi bangun tidurnya, terus nggak lupa terhitung cara terbaik apa sih yang sanggup Bunda jadiin jurus ampuh nenangin anak pas kembali rewel. Dengan begini, kata dr Marlyn, Bunda secara nggak segera telah latihan dan laksanakan persiapan di rumah.

Bunda terhitung mesti ingat, mudik naik bis itu sanggup ada risiko bis diisi banyak penumpang kan? Kalau kayak gitu, akibatnya risiko paparan pada polusi dan infeksi pastinya bervariasi. Pastiin terhitung ya Bun jikalau bis yang digunakan nyaman dan sebisa mungkin ber-AC. Bukan rahasia kembali kan Bun jikalau hawa yang sejuk sanggup buat si kecil lebih anteng? Kalau demi kenyamanan bayi Bunda mutusin beli satu tiket untuk bayi, sah-sah aja kok. Di kursi yang Bunda pesan buat bayi padahal sih si bayi belum sanggup dudukin kursi itu, menurut dr Marlyn sanggup dipasangi car seat.

Atau, jikalau kayak kakak aku selagi anaknya umur 9 bulan dan diajak pulang kampung, dimanfaatkanlah itu koper atau tas pakaian. Caranya? di letakkan di area untuk kaki, ditumpuk sampai memadai sejajar mirip kursi dan dialasi selimut terus dikasih bantal. Jadinya, mirip kayak kasur dadakan gitu deh Bun. Kalau ngakalin pakai cara gitu, safe nggak sih dr Marlyn?

Leave a Reply

Your email address will not be published.