Rekomendasi 4 Oleh-oleh Khas Madura yang Menggugah Selera

Rekomendasi 4 Oleh-oleh Khas Madura yang Menggugah Selera

Surabaya -Berkunjung ke Madura, rasanya kurang lengkap jikalau tidak mempunyai pulang oleh-oleh.

Selain wisata alam dan budaya, daerah yang terletak di Provinsi Jawa Timur ini termasuk menyuguhkan aneka kuliner khas yang sesuai dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. .

Pastinya, bermacam makanan khas Madura ini bakal menggugah selera penikmatnya.

Berikut Tempo menyarankan empat oleh-oleh kuliner khas Madura yang dikumpulkan dari bermacam sumber pada Kamis, 5 Mei 2022, pada lain: Platform Pengembang Akademik dan Media Informasi

Keripik Cenge

Keripik Cenge merupakan product cemilan atau makanan mudah unggulan Madura, seperti dilansir dari diskominfo.sampangkab.go.id. Seperti halnya keripik pada umumnya, Keripik Cenge dibuat dari singkong yang diiris tipis-tipis dan digoreng.

Yang membawa dampak istimewa, yaitu selagi disantap keripik tersebut dicelupkan ke Cenge (sambal terasi, petis, maupun tomat). Cemilan ini jadi hidangan mesti bagi penduduk Madura selagi Lebaran, selain Soto Madura. Pun sanggup dijadikan sebagai oleh-oleh para perantau atau pemudik.

Otok
Cemilan khas Madura seterusnya yang sesuai dijadikan oleh-oleh adalah kacang otok. Makanan mudah ini benar-benar terkenal di Madura supaya mudah ditemui di selama wilayah wisata atau daerah oleh-oleh. Kacang otok diolah dengan cara disangrai.

Untuk tingkatkan cita rasa, kacang otok biasanya termasuk ditambahkan perasa lainnya, seperti manis, pedas, dan gurih. Satu kemasan per 250 gram, kacang otok dijual seharga Rp 13.000 – Rp 15.000 apa yang membedakan bahasa suatu daerah dengan daerah lainnya .

Petis Madura
Berbeda dengan daerah lain, Petis Madura identik dengan cita rasanya yang lebih gurih dan warna yang lebih kecoklatan. Alih-alih pakai bahan rebusan udang, Petis Madura justru dibuat dari sari ikan.

Ia dimasak hingga mengental seperti saus dan dikombinasikan dengan aneka rempah lainnya. Melansir sumenepkab.go.id, petis hasil memproduksi Kecamatan Pasongsongan sudah banyak dikirim ke luar negeri.

Buah Siwalan
Kondisi geografis Madura yang dikelilingi pantai membawa dampak buah siwalan sanggup tumbuh secara mudah di sana. Sekilas buah unik ini serupa seperti kelapa, tetapi ternyata benar-benar berbeda. Buah di dalamnya punya tekstur kenyal dengan rasa manis dan segar.

Selain buahnya, Legen termasuk sanggup dijadikan sebagai oleh-oleh. Legen sendiri merupakan air yang diambil alih dari dalam buah siwalan. Jika tertarik membelinya, harga yang di tawarkan beragam, yang pasti tidak benar-benar menguras duit di kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published.